Manfaat Teh bagi Penyandang Diabetes

on Tuesday 25 June 2013
Teh
Diabetes adalah suatu kondisi medis dimana pankreas kesulitan menghasilkan insulin (diabetes tipe 1) atau sel-sel tubuh tidak dapat merespon insulin yang diproduksi oleh pankreas (diabetes tipe 2). Efeknya, gula darah menjadi sulit terkontrol dan fungsi sel berjalan tidak normal. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, penyandang diabetes biasanya dianjurkan untuk sangat menjaga asupan makan dan minumnya. Dan ternyata, teh hijau ada dalam daftar minuman yang baik untuk penyandang diabetes karena dapat merangsang produksi insulin dan memicu fungsi pankreas. Manfaat teh hijau bagi penyandang diabetes ini sudah diakui secara luas.

Alasan lain mengapa teh hijau dianjurkan untuk penyandang diabetes adalah karena dapat membantu menormalkan serta mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Manfaat ini didapat karena teh hijau mengandung katekin dan berbagai nutrisi lain. Teh  hijau mengandung polisakarida yang membantu meminimalkan kadar glukosa dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa ECGC hadir dalam teh hijau yang bermanfaat terhadap diabetes tipe 2 karena dapat membantu penyerapan glukosa sesuai jumlah yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Dalam memilih dan membeli teh hijau, Anda sebaiknya meneliti dan mencicipinya terlebih dahulu. Teh hijau yang berkualitas tinggi biasanya berwarna hijau pucat atau kekuningan. Anda kemudian dapat memilih dalam bentuk teh bubuk atau teh celup yang praktis. Setelah itu, simpan di tempat yang kering dan terhindar dari bau serta cahaya matahari langsung. Minum teh hijau minimal 2 cangkir per hari dan pastikan tidak berbarengan dengan mengonsumsi obat-obatan diabetes Anda.

Sumber...

0 comments:

Post a Comment