Sajian Otak-Otak Ikan Bakar Khas Indonesia

on Tuesday 4 June 2013


Jika Anda adalah penggemar ikan, namun bosan dengan Resep Ikan yang itu-itu saja, mungkin Anda dapat berkreasi dengan menu-menu berbahan dasar ikan yang unik dan khas seperti otak-otak bakar. Otak-otak adalah hidangan khas Indonesia yang jika ditelusuri berasal dari tiga daerah di Indonesia. Palembang, Jakarta, dan juga Makassar. Hal dasar yang membedakan otak-otak dari ketiga daerah tersebut adalah sausnya. Apakah dimakan dengan saus cuka atau saus kacang. Ingin mencoba membuat otak-otak, berikut ini adalah resepnya.

Bahan-bahan:
250 gram ikan belida yang telah dicincang halus
100 gram tepung tapioka
50 ml santan kental
10 batang kucai
gula
garam
merica putih bubuk
daun pisang untuk membungkus
Cara membuat:
1.       Di dalam mangkuk sedang aduk bahan-bahan otak-otak hingga rata sempurna.
2.       Letakkan 5 sendok makan adonan otak-otak di atas daun pisang dan bungkus. Lakukan terus kegiatan ini hingga seluruh adonan habis.
3.       Kukus adonan otak-otak yang telah dibungkus.
4.       Panggang otak-otak di dalam oven selama 6 sampai 8 menit untuk masing-masing sisi.
5.       Sajikan otak-otak dengan saus pilihan Anda.

Dengan menguasai dan mempraktikan langkah-langkah di atas, Anda akan menikmati Resep Ikan yang unik, lezat, dan pastinya akan disukai oleh keluarga dan orang-orang terkasih Anda sebagai kudapan yang lezat dan bergizi. Sajikan otak-otak buatan Anda sebagai pelengkap acara minum teh sore Anda dan keluarga atau suguhan menggiurkan bagi tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda.

0 comments:

Post a Comment